Ads

Bikin Konten Web Mobile Di Smartphone Dengan Aplikasi Mozilla Web Maker

     Apakah Anda sempat terfikir ingin membuat konten web mobile sendiri seperti turorial cara memasak atau memajang foto koleksi Anda, tetapi Anda tidak mengerti cara membuatnya? Jangan khawatir, Mozilla mempunyai aplikasi mobile Android yang memungkinkan Anda membuat aplikasi web mobile meskipun Anda seorang pemula.
Webmaker
         Nama untuk aplikasi ini adalah Web Maker, Ya, Mozilla mengembangkan aplikasi ini bagi para pemula yang ingin membuat konten web mobile dengan cara sederhana namun kaya. Aplikasi ini sudah tersedia versi beta untuk Android dan dapat Anda unduh secara gratis melalui Play Store atau link berikut.
         Tujuan Mozilla mengembangkan aplikasi ini karena banyaknya pengguna pasif yang hanya membaca atau mengonsumsi konten tanpa aktif memberikan kontribusi pada web. Jika konsumen bertindak sebagai pembuat konten web mereka akan dengan mudah mendapat peluang sosial maupun ekonomi. Dan jika semua orang dapat berkontribusi dengan baik, maka kedepannya web akan menjadi lebih baik.
Tampilan discover Web Maker
Tampilan discover Web Maker
         Pada tampilan utama aplikasi ini terdapat pilihan discover dan make. Pada bagian discover, kita dapat melihat isi konten dari pengguna lain. Untuk membuat poyek baru, Anda dapat memilih make lalu pilih buat proyek. Tampilan toolbar pada aplikasi ini didesain sangat sederhana, tujuannya agar semua kalangan dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah.
       Untuk membuat sebuah proyek sangatlah mudah, kita hanya perlu memikirkan suatu tema yang nantinya akan kita buat, bisa tutorial, koleksi foto, atau yang lainnya.
Pilihan untuk membuat proyek baru
Pilihan untuk membuat proyek baru
       Tampilan halaman web untuk tiap proyek didesain seperti kartu sehingga meyerupai halaman dengan tiap halaman berisi konten yang berbeda. Untuk Navigasinya juga bisa ke berbagai arah, bisa ke kiri, kanan, atas, dan bawah. Ada juga tombol untuk membawa ke halaman berikutnya. Fitur ini tergantung pada desain si pembuat konten.
kartu

         Kita dapat menambahkan konten teks, gambar, dan link dengan toolbar yang sangat sederhana. Kita dapat merubah tampilan teks dengan warna atau gaya huruf yang ingin kita sesuaikan. Untuk gambar kita dapat menggunakan gambar yang ada di galeri.
Toolbar
Toolbar
Kita dapat menuangkan ide-ide yang kita miliki untuk mengisi konten pada web yang akan kita buat.
poyek
             Setelah Anda telah menyelesaikan proyek yang Anda buat, bisa langsung Anda share ke teman-teman Anda. Namun mengingat aplikasi Web Maker ini masih dalam versi Beta, jadi untuk melihat proyek web diharuskan menggunakan Aplikasi Web Maker juga. Dan saat membuat proyek pun smartphone diharuskan dalam keadaan  online. Kedepannya Mozilla akan mengembangkan aplikasi Web Maker ini agar dapat di akses oleh semua platform(mobile dan dekstop) dan dapat dengan mudah dijangkau pengguna yang memiliki koneksi internet yang buruk.
        Untuk melihat proyek-poyek milik pengguna lain, Anda hanya perlu memilih salah satu proyek kemudian ikuti tombol-tombol navigasi yang tersedia.
Screenshot_2015-08-18-13-21-14

Screenshot_2015-08-18-13-21-27
Screenshot_2015-08-18-13-23-10


Screenshot_2015-08-18-13-23-25

   Dengan memberdayakan pengguna internet untuk ikut berkontribusi menambah konten-konten pada internet akan semakin memperkaya konten pada web. Mozilla berharap pengguna awam internet dapat ikut berkontribusi dalam perkembangan konten-konten web.

0 Response to "Bikin Konten Web Mobile Di Smartphone Dengan Aplikasi Mozilla Web Maker"

Posting Komentar