Ads

Sejarah Robot di Indonesia, Macam-Macam Robot yang Ada Di Indonesia

Pengertian Robot

Kata “robot” diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki arti “pekerja” (worker). Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik di bawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan(artificial intelligence).
Jika sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium dan dimanfaatkan untuk kepentingan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan yang pesat, saat ini robottelah digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak hanya dibidang sains, tetapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer.
 Secara sadar atau tidak, saat ini robottelah “masuk” dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis.


Evolusi RobotIndonesia

Sampai sekarang ini, belum ada data yang dapat member kepastian kapan robot, sebagai teknologi mulai berkembang di Indonesia. Namun sejak tahun 80-an, kebijakan nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada LITBANG  permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki keinginan dan kemampuan untuk menguasai teknologi robot.

Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah laboratorium, LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis,

Sejak dikembangkan sejumlah laboratorium tersebut, berbagai macam robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan oleh berbagai industri, Bahkan dalam pengembangan robotterbaru saat ini, telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik.

Sejak tahun 80an, pendayagunaan dan pemanfaatan permesinan otomatis telah dilakukan terutama melalui sejumlah industri strategis, di antaranya: PT PINDAD (sistem, peralatan, dll.), PT LEN Industri (IT, perangkat lunak, komputasi).

Kontes Robot Indonesia pertama kali diselenggarakan oleh Depdiknas tahun 1990, tepatnya pada tahun 2001, salah satu perwakilan dari Indonesia, yaitu tim B-Cak dari PENS-ITS telah berhasil mencapai prestasi yang spektakuler, yakni dengan keluar sebagai Juara Pertama pada Asia Pasific Broadcasting (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Tokyo.

Pada tahun 2001 juga, Kementerian Ristek bersama dengan Depdiknas telah mempromosikan juara Kontes Robot Indonesia dalam pameran Ristek tahunan yaitu RITECH EXPO (Research, Inovation, Technology Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta. Dalam pameran tersebut terlihat aura  positif dan antusiasme masyarakat.

Menuju Kontes RobotIndonesia 2004, Kementerian Ristek bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional –Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah menyelenggarakan semiloka (seminar dan lokakarya) dengan tema “Peluang dan Tantangan Teknologi Robotdi Indonesia”. Yang bertujuan untuk mempertemukan pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pengembangan teknologi robot, agar para stakeholders dapat saling berbagi informasi terbaru dan berbagi pemahaman mengenai isu-isu teknologi robot yang sedang berkembang saat itu.

Sasaran yang ingin di capai dengan semiloka ini adalah terpaparnya teknologi robot ke kalangan masyarakat yang lebih luas. Diharapkan juga kalangan mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah serta kebutuhan industri dalam pemanfaatan dan penday agunaan robot.

Pada bidang  lain, pihak industri bisa mendapatkan informasi dan gambaran mengenai pemanfaatan dan pendaya gunaan robotuntuk keperluan dan kepentingan industry, serta prospek dan kemampuan yang para mahasiswa dalam mengembangkan teknologi robot.

Macam-Macam RobotBuatan Asli Indonesia
Robotadalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu,

Bukan hanya Negara maju saja seperti Amerika, Jepang,Korea dan Cina saja yang dapat membuat Robot, Di Tanah Air kita Robot juga dapat di buat, berikut ini robotyang di ciptakan oleh putra putrid bangsa kita ini,


1. Robottempur indonesia dan robot Penjinak Bom Indonesia





Robotini memiliki mesin penggerak dua roda,ukurannya 1,5 m kali 0,5 m dengan berat sekitar 100 kg. dan mampu mengangkut beban hingga sekitar 150 kg, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 60 km/jam,”
Walapupun dinyatakan belum sepenuhnya sempurna, tetapi robot tempur ini memiliki kemampuan yang setara dengan robot tempur impor.
Selain dapat dikendalikan secara jarak jauh, robot ini dilengkapi dengan kamera pengintai sebanyak enam unit, dan sensor ultrasonic untuk mengenali setiap hambatan yang dihadapi.
Dua senjata perusak juga di pasangkan pada robot ini, yakni senapan mesin ringan (SMR) jenis Minimi kaliber 5,56 mm, dan roket anti tank Estalansa caliber 90 mm yang bisa dioperasionalkan dari jarak jauh,

2. RobotPenjinak Bom

Sebuah mobil robotpenjinak bom yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Robotpengintai tersebut diberi nama Morolipi v1.0, di tahun 2004, kemudian dilanjutkan hingga tahun 2008.
RobotMorolipi v1.0 dirancang dengan spesifikasi :
Spefikasi Robot:
* Panjang 1 meter dan lebar 1 meter, tinggi 90 cm
* Bobot 80-100 kg.
* Mampu berjalan di permukaan yang datar ataupun menaiki tangga dengan kecepatan 3 meter per detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.
* Memiliki dua ruas lengan dengan panjang 70cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar 360 derajat, juga menekuk,
* Terdapat gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel di bagian ujung lengannya,
* Didukung dengan camera, sensor inframerah, pengontrol artikulator dan artikulator yang dapat mengirimkan detail gambar ke komputer,
* Dikendalikan dengan jarak maksimal 6km dengan menggunakan tongkat pengendali atau joystick.
* Memiliki rangkaian elektronik penggerak mulai kontak dengan roda penggerak, lengan, kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian,
* Dapat memotong kabel berukuran 2 mm yang mengalirkan arus listrik itu sebelum sampai ke bahan peledak.
* Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan robot berupa aki listrik,
* Memiliki 4 roda vespa delapan inci, plus sabuk roda untuk membantu menaiki tangga tanpa terpeleset,
* Harga lebih murah 50 persen dibanding robot penjinak bom import yang mencapai harga Rp1 miliar per unitnya.

4. RobotPeniup Terompet






Robotini di ciptakan oleh perusahaan tokyo dan bantuan dari mahasiswa indonesia untuk dapat bermaen terompet yang di lengkapi dengan sensor audio agar robottersebut dapat memilih not terompet yg merdu untuk didengar,

Walaupun robotini bukan hasil murni karya anak bangsa,  tetapi robot ini sebagian ditangani oleh mahasiswa Indonesia.

5. RobotPengambil Air minum




Robotini di ciptakan oleh Siswa di SMP Penabur Gading Serpong, Michael Limanto, Gerald Sebastian, dan Patrick Wicaksono, membuat robot Delta Easy Water Supply. “Idenya kan orangtua capai baru pulang kantor. Anak disuruh ngambil air minum mengapa enggak dispensernya jalan aja sih,” kata Michael, si pencetus ide awal, kemudian ia bergabung dengan dua temannya untuk membuat implementasinya.
6. Robotstik eskrim




Walaupun Robotini hanya terbuat dari stik es krim dan barang bekas lainnya, namun robot-robottersebut cukup memiliki kemampuan yang luar biasa.
Robotini dibagi dalam dua kategori, yaitu sumo dan ketapel. Robot sumo merupakan robot aduan, sementara robot ketapel memiliki kemampuan melempar beban terjauh.



7. RobotPemadam api





Robotmobil pemadam buatan mahasiswa ugm dan UNIKOM


8. RobotPenghitung


Robotini dapat menghitung berapa saja jumlah nominal angka yang di katakan dan langsung dengan cepat robot ini akan bisa menjawabnya dengan ucapan yg lucu.


Dengan adanya Robot, Dampak Positif dan Negatifnya yaitu :
#Robot, Dampak Positifnya :

  1. Teknologi Robot & Sains Mengajar Siswa di Korea Selatan
Robot di kelas membuat siswa lebih atraktif, terutama bagi yang pemalu.
Sekitar 30 robot mulai mengajar bahasa Inggris bagi murid-murid di sebuah kota di Korea Selatan. Otoritas pendidikan mengatakan proyek percontohan ini dirancang untuk membina industri robot.
Salah satu robot, Engkey, berwarna putih dan berbentuk seperti telur. Robot buatan Korea Institute of Science of Technology (KIST) ini akan mulai ‘karir’ gurunya di hadapan anak-anak di 21 sekolah dasar yang terletak di tenggara Kota Daegu.
Ke-29 robot sisanya, memiliki tinggi sekitar 1 meter dengan panel layar televisi di bagian wajah, akan berkelilling di seluruh kelas. Mereka mempunyai kemampuan untuk berbicara kepada siswa, membacakan buku, bahkan berdansa mengikuti musik. Tapi gerakannya hanya terbatas pada kepala dan lengan.
Selain membaca buku, robot juga diinput program untuk bernyanyi dan memainkan permainan alfabet dengan anak-anak. “Anak-anak tampak senang karena penampilan robot ini memang imut dan menarik. Mungkin beberapa orang dewasa pun berminat,” kata petugas dinas pendidikan Kota Daegu, Kim Mi-Young seperti dilansir dari news.yahoo.com.

Ditambahkan Kim, robot-robotini masih dalam tahapan uji coba. Namun, petugas kemungkinan besar menimbang untuk menyewa tenaga para robot untuk waktu penuh. Para petugas pendidik ini berharap para ilmuwan KIST bisa meningkatkan kapasitas para robotsehingga lebih muda di kontrol. 
  1. Telerobots
Ketika manusia tidak dapat hadir di lokasi untuk melakukan pekerjaan karena itu berbahaya, jauh, atau tidak dapat diakses, robotteleoperated, atau telerobots digunakan. Daripada mengikuti urutan yang telah ditentukan gerakan, sebuah telerobotdikendalikan dari jarak oleh operator manusia. 

Robotmungkin di ruangan lain atau negara lain, atau mungkin pada skala yang sangat berbeda untuk operator.Sebagai contoh, sebuah robot bedah laparoskopi memungkinkan ahli bedah untuk bekerja di dalam pasien manusia dalam skala yang relatif kecil dibandingkan dengan operasi terbuka, secara signifikan memperpendek waktu pemulihan,

Ketika melumpuhkan bom, operator mengirimkan robotkecil untuk menonaktifkannya. Beberapa penulis telah menggunakan perangkat yang disebut Longpen untuk menandatangani buku jarak jauh, pesawat robotteleoperated, seperti Predator Kendaraan Unmanned Aerial , semakin sering digunakan oleh militer. Drone ini tanpa pilot dapat mencari medan dan api pada target.

 Ratusan robotseperti Robot Packbot dan Foster-Miller Talon yang digunakan dalam Irak dan Afghanistan oleh militer AS untuk meredakan bom pinggir jalan atau improvisasi peledak perangkat (IED) dalam suatu kegiatan yang dikenal sebagai pembuangan persenjataan peledak (EOD).

  1. Robot Panen buah mesin otomatis
Robot Roomba Digunakan untuk memetik buah di kebun dengan biaya lebih rendah dibandingkan yang dari pemetik manusia.

  1. Robot Di Rumah
Ketika harga  Robot jatuh dan robot menjadi lebih cerdas dan lebih otonom, robot sederhana yang didedikasikan untuk sebuah karya tugas tunggal di lebih dari satu juta rumah. 
Robot  mengambil pekerjaan sederhana namun tidak diinginkan, seperti membersihkan debu dan mengepel lantai , dan memotong rumput . Beberapa menemukan robot ini menjadi lucu dan menghibur, yang merupakan salah satu alasan bahwa mereka dapat menjual dengan sangat baik.

  1. Robot Militer
Robot militer termasuk robotpedang yang saat ini digunakan di tanah berbasis tempur. Hal ini dapat menggunakan berbagai senjata dan ada beberapa diskusi memberikan beberapa derajat otonomi dalam situasi medan pertempuran.
Kendaraan udara tak berawak tempur (UCAVs), yang merupakan bentuk upgrade dari UAV, dapat melakukan berbagai misi, termasuk pertempuran. UCAVs sedang dirancang seperti UCAV Mantis yang akan memiliki kemampuan untuk terbang sendiri, untuk memilih program mereka sendiri dan target, dan untuk membuat keputusan yang paling sendiri. 
Para Taranis BAE adalah UCAV dibangun oleh Inggris yang dapat terbang melintasi benua tanpa pilot dan memiliki cara baru untuk menghindari deteksi. uji coba penerbangan diharapkan akan dimulai pada tahun 2011.
Para AAAI telah mempelajari topik ini secara mendalam,dan presiden telah menugaskan sebuah studi untuk melihat masalah ini.
Beberapa telah mengusulkan perlu membangun ” Ramah AI “, yang berarti bahwa kemajuan yang sudah terjadi dengan AI juga harus mencakup upaya untuk membuat AI intrinsik ramah dan manusiawi. 
Beberapa langkah-langkah seperti dilaporkan sudah ada, dengan robot-berat negara seperti Jepang dan Korea Selatan telah mulai melewati peraturan yang mewajibkan robot harus dilengkapi dengan sistem keamanan, dan mungkin set ‘hukum’ yang serupa dengan Asimov Tiga Hukum Robot .
Sebuah laporan resmi dikeluarkan di 2009 oleh Komite Industri Robot pemerintah Jepang Kebijakan.Para pejabat Cina dan peneliti telah menerbitkan sebuah laporan menunjukkan seperangkat aturan etika, dan seperangkat pedoman hukum baru disebut sebagai “Studi RobotHukum.”Beberapa keprihatinan telah telah diungkapkan atas kemungkinan terjadinya robot jelas mengatakan kebohongan. 

  1. Robot Sekolah
Robot di sekolah memiliki tiga aplikasi utama, kit Robot, tutor virtual, dan asisten guru.
  1. Kit robot
Kit robot, seperti Lego Mindstorms atau RobotBotBrain Pendidikan, membantu anak-anak untuk belajar tentang matematika, pemrograman fisika, dan elektronik.
Robot juga telah diperkenalkan ke dalam kehidupan siswa sekolah dasar dan tinggi dengan perusahaan PERTAMA (Untuk Inspirasi dan Pengakuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Organisasi adalah dasar untuk Kompetisi Robot PERTAMA , PERTAMA LEGO Liga , SMP PERTAMA LEGO Liga , dan PERTAMA Tantangan Tek kompetisi.

  1. Robot Sebagai Virtual tutor
Robot Tutor virtual semacam agen diwujudkan yang membantu anak-anak untuk mengerjakan PR, misalnya, pada rekan rekan dasar.

  1. Robot sebagai Guru asisten
Robot sebagai asisten guru membiarkan anak-anak untuk menjadi lebih tegas selama kelas dan mendapatkan lebih termotivasi. Korea Selatan adalah negara pertama menjalankan sebuah program untuk memiliki robot di setiap sekolah.
  1. Robot di bidang Kesehatan
Robot dalam perawatan kesehatan memiliki dua fungsi utama. Mereka yang membantu individu, seperti penderita penyakit seperti Multiple Sclerosis, dan mereka yang membantu dalam sistem secara keseluruhan seperti apotek dan rumah sakit.
Otomasi rumah untuk orang tua dan penyandang cacat Para TEMAN Robot-Memberikan Perawatan . Robottelah berkembang dari waktu ke waktu dari yang sederhana asisten robotdasar, melalui semi-otonom robot, seperti TEMAN yang dapat membantu orang tua dan penyandang cacat dengan tugas. umum.
Populasi penuaan di banyak negara, terutama Jepang, yang berarti bahwa ada peningkatan jumlah orang tua untuk merawat, tetapi orang-orang muda yang relatif lebih sedikit untuk merawat mereka. Manusia membuat pengasuh terbaik, tetapi di mana mereka tidak tersedia, robot yang diperkenalkan secara bertahap,
TEMAN adalah robot semi-otonom dirancang untuk mendukung penyandang cacat dan lanjut usia orang-orang dalam kegiatan sehari-hari hidup mereka, seperti mempersiapkan dan melayani makan.

Robotmenjadi TEMAN memungkinkan pasien yang lumpuh , memiliki penyakit yang serius otot atau kelumpuhan (karena stroke dll), untuk melakukan tugas-tugas tanpa bantuan dari orang lain seperti terapis atau staf keperawatan


#Dampak negatif Robot
  1. Dampak Robot terhadap pengangguran
Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan,berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar pekerjaan. 

Saat ini dampak negative Robot hanya pada pekerjaan kasar dan berulang, dan sebenarnya ada dampak positif pada jumlah pekerjaan untuk teknisi yang terampil, insinyur, dan spesialis

Namun, pekerjaan ini sangat terampil tidak cukup jumlahnya untuk mengimbangi penurunan lebih besar dalam pekerjaan antara populasi umum, menyebabkan pengangguran struktural di mana keseluruhan (bersih) meningkat pengangguran.

Sebagai robot dan kecerdasan buatan berkembang lebih lanjut, beberapa khawatir bahwa pekerjaan terampil bahkan banyak mungkin terancam. Menurut teori ekonomi konvensional, ini hanya akan menyebabkan peningkatan produktivitas industri yang terlibat; sehingga permintaan lebih tinggi untuk barang lain, dan karenanya lebih tinggi permintaan tenaga kerja di sektor-sektor dan off-pengaturan apa pun yang negatif yang ditimbulkan. 

             Teori konvensional menjelaskan dengan baik masa lalu, tetapi tidak mungkin menggambarkan skenario masa depan karena pergeseran dalam nilai parameter yang membentuk konteks,

0 Response to "Sejarah Robot di Indonesia, Macam-Macam Robot yang Ada Di Indonesia"

Posting Komentar