Ads

Pengertian Android,sejarah android, dan tipe-tipenya




Pengertian android

Android adalah sistem operasi untuk aplikasi mobile yang berbasis Linux. Android Operating System di keluarkan oleh Google untuk menyaingi Windows, Apple dan pesaing-pesaingnya. Melihat pasar mobile yang begitu cepat maka Google melihat suatu peluang bisnis yang besar dan Google sangat berambisi untuk ikut di dalam persaingan teknologi mobile phone ini.
Android  adalah sebuah aplikasi open source yang memungkinkan untuk pengguna membuat sendiri dan mengembangkan aplikasi android,

Android, sejarahnya …
Google bekerjasama dengan Android Inc., Pada Juli 2005, perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Kala itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu pula muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.
September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler, Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010.
9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Androiddirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini lebih kurang terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

B.     Perkembangan Android
Android versi 1.1


Google merilis Androidversi 1.1. Pada 9 Maret 2009, Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
Android versi 1.5 (Cupcake)
Google kembali meluncurkna telepon seluler Pada pertengahan Mei 2009, dengan menggunakan Androiddan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terselip beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini, kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard di layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Android versi 1.6 (Donut)



AndroidDonut (versi 1.6) dirilis dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)



ponsel Androiddengan versi 2.0/2.1 (Eclair), diluncurkan Pada 3 Desember 2009 dengan pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang ingin menyalurkan aplikasi kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Androidasli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan), Untuk bergerak cepat saat persaingan perangkat generasi berikut, Kompetisi berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih.
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)


Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan Pada 20 Mei 2010, Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi AndroidMarket.
Android versi 2.3 (Gingerbread)



Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan, Pada 6 Desember 2010,  Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi 2.3 Gingerbread antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)




Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet, pada tanggal 19 Oktober 2011, Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Android Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Android Honeycomb  mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Android Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia.

PerkembanganAndroid di Indonesia
Semakin berkembang aplikasi mobile maka di ciptakanlah sebuah sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasi linux yaitu android. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Dalam usaha untuk mengembangkan Android, pada tahun 2007 dibentuklah Open Handset Alliance(OHA), sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile. Kelebihan dari android sendiri bagi para pengembang aplikasi mobile adalah dengan software Development Kits (SDK) yang lengkap, dilengkapi dengan emulator yang membantu untuk menguji coba aplikasi yang dibuat serta dokumentasi yang lengkap. Serta tidak ada biaya lisensi untuk memperoleh SDK ini. Android merupakan pilihan yang tepat untuk pengembang.
Selain dari segi pengembang aplikasi mobile, android juga mempunyai kelebihan dari sisi pengguna android (user). Androidmenawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang. Setiap aplikasi memiliki tingkatan yang sama.
           Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses ke hardware maupun data-data ponsel sekalipun, atau data system sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga. Disinilah yang membuat OS android berbeda dengan OS mobile lainnya. User dapat dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi yang uptodate,hanya tinggal mendownload saja.  Sehingga user dapat dengan leluasa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Contohnya ada beberapa aplikasi yang sudah siap untuk di download oleh user android seperti mapping, pariwisata, cara memasakdengan resep jitu dll. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh pengembang menggunakan android. Jadi androidmempunyai klien bagi pengembang aplkasi-aplikasi mobile (aplikasi pihak ketiga) dan juga sebagai pengguna mobile android dapat dengan mudah mendapatkan  berbagai aplikasi pihak ketiga tersebut. Cukup dengan mendownload nya di tempat browser yang tersedia di mobile tersebut.
pasar Androiddi Indonesia akan berkembang seiring dari banyaknya operator selular dan Produsen smartphone gencar menyuarakan Open source Android. Pasar smartphone Indonesia yang besar memungkinkan smartphone yang murah dan mempunyai fitur yang lengkap sesuai dengan karateristik dari masyarakat Indonesia.
Saat ini, salah satu operator yang marak menyuarakan android yaitu Indosat. Pada bulan Maret lalu Indosat melakukan road show di 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Malang, Surabaya, dan Makassar. Indosat memperkenalkan Teknologi smartphone yang mempermudah komunikasi, tampilan yang menarik, serta aplikasi yang mudah dioperasikan. Dalam Road Show ini Indosat juga melakukan seminar dan edukasi kepada pengunjung.
Disamping operator selular yang gencar, banyaknya komunitas programmer yang mengembangkan Android membuat perkembangan Androidmenjadi cepat.
 Saat ini, perkembangan android di Indonesia dipengaruhi oleh banyaknya smartphone yang telah beredar di Indonesia dan keinginan berbagai produsen smartphone tersebut untuk memotong biaya produksi sehingga menghasilkan produk smartphone yang berkualitas dan mempunyai harga jual yang lebih terjangkau daripada menggunakan OS yang lainnya. Persebaran smartphone android di Indonesia yang besar memungkinkan smartphone yang murah dan mempunyai fitur yang lengkap sesuai dengan karateristik dari masyarakat Indonesia.

Penyebab Android dapat berkembang cepat di Indonesia.
#Android Rutin Update
Android selalu melakukan update secara terus menerus, melakukan perbaikan perbaikan berbagai bugs dan penambahan fitur yang menjadikan OS semakin lebih bagus dari versi sebelumnya.
#Android Open source
Android adalah OS open source yang gratis jadi dilihat dari segi harganya  lebih murah daripada smartphone yang ber OS tidak gratis, disamping itu OS androidmemungkinkan para programmer programmer untuk mengembangkan atau membuat aplikasi berbasis Android.
#Android Didukung oleh Perusahaan Kelas Atas
Dukungan penuh dari perusahaan kelas atas seperti Samsung, HTC, Motorola dan lain-lain. dalam menghasilkan smartphone yang berkelas akan membantu menaikkan android.
#Androidbermerek Google
Karena Reputasi Google yang tidak diragukan lagi menjadi keunggulan tersendiri bagi Android. Hal ini membuat konsumen yakin bahwa OS Androidadalah OS yang benar benar bagus dan berkualitas.
#AndroidUser Friendly
Android yag memiliki Teknologi layar sentuh, membuat mudah dalam penggunaannya serta didukung oleh tampilan yang menarik.

 Android menjadi peluang Untuk Para Pengembang Aplikasi Lokal
Popularitas Android terus bertumbuh, bukan hanya dari jumlah perangkat yang mengadopsi platform ini, tetapi juga para operator telekomunikasi yang mulai memberikan fokus yang lebih pada platform opensource yang dikembangkan Google ini.
Beberapa waktu yang lalu, Kompas memuat artikel yang memberitakan bahwa kini Telkom dengan produk Flexi mereka akan mulai menyasar para konsumen yang tertarik dengan Android, dengan menyediakan Android untuk pengguna CDMA pertama yang bekerjasama dengan beberapa vendor ponsel lewat sistem bundling.
Kompas juga menuliskan bahwa, Flexi menggandeng 150 mitra penyedia konten dan akan meluncurkan Flexi Market yang nantinya bisa ditemukan di Android Market. Aplikasi ini dikabarkan akan dirilis.
Melihat perkembangan ini, salah satu founder dari ID-Android, mengemukakan pandangannya atas perkembangan dari Flexi ini, dan secara keseluruhan tentang perkembangan yang terjadi di komunitas pengembang Android di Indonesia.
Tentang AndroidFlexi, perkembangan akan sangat baik untuk menunjang perkembangan pengembang Androidlokal dan memenuhi kebutuhan aplikasi dengan rasa lokal yang dibutuhkan oleh pengguna, perkembangan yang dilakukan            Flexi ini adalah sebuah peluang dan juga tantangan, “sebab aplikasi yang ada pada androidmarket kebanyakan gratis, para pengembang lokal harus bisa menemukan bisnis model yang menarik dan menguntungkan”.
Model bisnis Androiddapat menjadi hal yang serius bagi para pengembang, produk yang dikembangkan oleh para pengembang tentu harus diganti dengan pemasukan untuk membiayai produksi pengembangan aplikasi lain, model usaha yang biasanya dijalankan oleh pengembang antara lain, aplikasi yang bersifat gratis bisa berperan sebagai portofolio untuk mengejar proyek yang didasarkan dari keahlian para pengembang atas aplikasi yang di kembangkan atau dengan sistem mobile advertising.
Semakin menjamurnya platform Android di tanah air, maka akan dibutuhkan aplikasi lokal yang memang khusus dibuat oleh pengembang lokal, dimana pengembang lokal ini harus siap bersaing juga dengan pengembang dari luar negeri. kebanyakan masyarakat kita selama ini adalah open source itu susah, ribet, dll. Untuk itulah dibutuhkan sosialisasi Android yang melibatkan beberapa pihak: Google, vendor ponsel, operator/telco, komunitas ID-Android.”
Perkembangan developer Android lokal memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh pengembang aplikasi lokal, tantangannya adalah apakah mereka siap atau tidak untuk menghadapi pengembang luar yang aplikasinya keren dan juga gratis.
Peluang bagi pengembang aplikasi Android lokal juga masih terbuka lebar, baik di pasar lokal maupun international, tetapi tidak terlepas juga dari tantangan serta kesulitan yang biasanya muncul bagi pengembang lokal, berikut penjelasannya:
1. Untuk aplikasi yang terdapat di Androidmarket, tantangannya adalah belum adanya payment gateway dari Indonesia, sehingga kita hanya bisa download aplikasi gratis.
2. Untuk aplikasi Android yang ditaruh di “local app store”  kurang menariknya pembagian. Share hasil penjualan aplikasi, para developer lokal kebagian kecil sekitar 50%, Operator 30% dan CP 20%. Harusnya peran Content Provider  (CP) ditiadakan, langsung saja local app storel itu diurus operator, sehingga pembagian bisa 80% untuk pengembang dan 20% untuk Operator.

ANDROID, Kelebihan dan kekurangannya :

           
Kelebihan Android :
  • Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja
  • Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang hobi kotak katik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis

  • Multitasking : ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.


  • Sistem Operasi Merakyat : Ponsel Android, sangat beda dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung

  • Fasilitas android penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering


  • Android Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader.

  • Android Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android.
    
Kekurangan/ Kelemahan Android :
  • Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS
  • Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware.
  • Android Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google.
  • Android Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.
Boros Baterai, memang android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis,

0 Response to "Pengertian Android,sejarah android, dan tipe-tipenya"

Posting Komentar